Kembali ke Daftar Artikel

Topik Artikel: Tips dan Trik
Card image cap

Ingin baja ringan awet dan tahan lama ? Simak tips penyimpanan berikut

Membangun sebuah proyek konstruksi pastinya membutuhkan jangka waktu yang panjang. Hal itulah yang mendasari para kontraktor maupun aplikator memilih untuk menyimpan beberapa bahan material. Melakukan penyimpanan pada bahan material seringkali membawa keuntungan bagi para kontraktor maupun aplikator. Misalnya, sebagai antisipasi jika ada kenaikan harga pada bahan material. Namun, menyimpan bahan material tidak semudah itu terutama material baja ringan. 


Menyimpan baja ringan tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Sebab, jika dilakukan secara sembarangan bisa memicu terjadinya karat pada baja ringan. Untuk meminimalisir hal tersebut, ada beberapa tips yang bisa kalian terapkan supaya baja ringan yang disimpan bisa awet dan tahan lama. Berikut adalah tipsnya : 


1. Simpan baja ringan ditempat yang kering 
   Tips pertama dan paling mudah untuk menyimpan baja ringan adalah simpan di tempat kering yang tidak tergenang air. Usahakan untuk menjauhkan baja ringan dari semua bentuk cairan seperti air, zat kimia, larutan asam maupun berbagai macam cairan lainnya. Karena, baja ringan yang terkena cairan tersebut akan memicu timbulnya karat. Maka dari itu, dengan menyimpan ditempat kering membuat baja ringan bertahan lama. 


2. Perhatikan posisi penyimpanan 
   Selain disimpan ditempat yang kering, perhatikan juga posisi penyimpanan baja ringan. Perhatikan posisi penyimpanan apakah ada ditempat terbuka atau tertutup. Jika baja ringan disimpan ditempat terbuka, sebaiknya tutupi baja ringan dengan terpal atau plastik untuk menghindarkan dari cuaca panas maupun hujan. Selain itu, ketika menyimpan baja ringan, jangan lupa untuk menggunakan alas terlebih dahulu supaya posisi baja ringan tidak langsung bersentuhan dengan tanah.

 
3. Perhatikan proses penyusunan
   Saat menyimpan baja ringan, jangan menyusun dan menumpuknya sembarangan. Susun baja ringan pada tumpukan yang berbeda, sesuai dengan ukuran dan jenisnya masing-masing. Letakkan baja ringan secara perlahan dan hati-hati supaya tidak bengkok dan penyok. Dengan menyusunnya sesuai dengan ukuran dan jenis, juga mempermudah kita untuk mengambil dan mengontrol. 


4. Pastikan baja ringan tidak tergores
   Ketika menyimpan baja ringan, usahakan terhindar dari terinjak, kejatuhan benda tajam, serta terseret. Sebab, jika terdampak pada hal tersebut bisa menimbulkan karat pada baja ringan. 


Itulah penjelasan mengenai beberapa tips menyimpan baja ringan. Intinya, ketika menyimpan baja ringan, letakkan baja ringan ditempat aman yang terhindar dari cairan dan goresan. Dengan meletakkan ditempat yang aman mampu memperpanjang usia baja ringan tersebut serta yang paling utama adalah terhindar dari karat. 


Selain menyimpan baja ringan ditempat aman, pemilihan material baja ringan juga berperan penting untuk menentukan usia baja ringan seperti baja ringan IBI Truss. IBI Truss merupakan produsen baja ringan berkualitas yang sudah terbukti dan terjamin kualitasnya. Apabila kalian ingin mendapatkan informasi menarik mengenai produk dan pemesanan, silahkan hubungi kami di nomor 0878 5484 4507. 

Kembali ke Daftar Artikel