Kembali ke Daftar Artikel

Topik Artikel: Konstruksi
Card image cap

Apa itu skylight rumah ?

Ungkapan mengenai rumah sehat adalah rumah yang mempunyai pencahayaan dan ventilasi yang baik memang benar adanya. Selain berfokus pada desainnya, pencahayaan dan ventilasi juga perlu diperhatikan. Untuk mendapatkan dua hal tersebut, bisanya orang-orang menambahkan jendela. Namun, pada rumah-rumah modern saat ini ada elemen tambahan atau optional selain jendela yang bisa membuat rumah menjadi lebih sehat yaitu skylight. Istilah skylight mungkin belum begitu populer di masyarakat. Tetapi, seiring berjalannya waktu skylight sudah digunakan. 

Skylight sendiri diartikan sebagai sebuah struktur bukaan yang menyerupai jendela yang terletak di atap rumah. Biasanya skylight dibuat secara transparan dan permanen (tidak dapat bisa dibuka dan ditutup) dengan berbagai macam ukuran mulai dari kecil hingga besar. Namun, ada beberapa pemilik rumah yang meminta skylight untuk tidak dibuat permanen supaya bisa dibuka dan ditutup. Skylight sendiri berfungsi sebagai jalan masuk untuk tambahan sinar matahari alami ke dalam rumah. Dengan tambahan masuknya sinar matahari tersebut, membuat ruangan menjadi lebih terang, hangat, dan sehat karena ruangan tidak lembab. 

Bagi kalian yang tertarik untuk menambahkan skylight dirumah, simak terlebih dahulu mengenai keuntungan dan kekurangan dari penggunaan skylight. Di bawah ini adalah masing-masing penjelasannya : 
1. Keuntungan :
   a. Menghemat energi 
      Karena berfungsi sebagai tambahan masuknya sinar matahari, maka adanya skylight dalam rumah mampu menghemat energi. Sebab, peran lampu sebagai penerangan digantikan secara signifikan oleh masuknya sinar matahari melalui skylight, sehingga bisa menghemat penggunaan lampu dan tentunya ramah lingkungan. 


   b. Menambah nilai estetika pada ruangan
      Adanya skylight pada bangunan juga mampu meningkatkan nilai estetika terutama pada interior ruangan. Selain itu, penggunaan skylight bisa membuat penghuni rumah menikmati pemandangan yang indah di kala siang maupun malam hari. 


   c. Memberikan kesan lusa pada ruangan
      Masuknya sinar matahari secara langsung ke dalam rumah, mampu memberikan kesan yang kebih luas dan hidup pada ruangan tersebut. Sehingga penggunaan skylight ini sangat cocok jika diterapkan pada rumah yang ukurannya tidak begitu luas. 


   d. Memberikan energi positif
      Ruangan yang mempunyai pencahayaan yang baik mampu membawa energi positif pada penghuninya. Maka dari itu, adanya skylight dirumah bisa menjaga mood dan meningkatkan produktivitas.  

Dari keuntungan tersebut terdapat juga kekurangan dari skylight. Berikut adalah kekurangannya :
2. Kekurangan: 
   a. Rentan terhadap hawa panas
      Banyaknya sinar matahari yang masuk, akan membuat hawa didalam ruangan terasa panas terlebih lagi jika sudah memasuki musim kemarau. Sehingga menyebabkan penggunaan kipas dan pendingin ruangan menjadi berlebihan. 


   b. Beresiko pecah
      Karena letak skylight yang berada di atas (atap), maka resiko mengalami pecah sangat besar. Hal itu diakibatkan oleh skylight yang tertimpa dahan pohon maupun tertimpa benda-benda lainnya yang terbawa oleh angin.  

Dari penjelasan mengenai keuntungan dan kekurangan tersebut pastinya kalian akan  mempertimbangkan sebelum memutuskan untuk menggunakannya. Selain, keuntungan dan kekurangan yang dipertimbangkan, ada juga jenis-jenis dari skylight yang harus diperhatikan sebelum menggunakannya. Berikut adalah penjelasan mengenai jenis-jenis dari skylight :  
1. Operable
   Jenis skylight ini disebut juga sebagai ventilasi atap. Ventilasi atap ini bisa dibuka dan ditutup sesuai dengan keinginan penghuni. Cara kerja sistem buka atau tutup ventilasi atap ini bertumpu pada engsel sebagai tumpuan utamanya. 


2. Open
   Jenis ini adalah jenis skylight yang tidak dilapisi oleh material apapun ketika dibuat. Sehingga, ketika musim hujan tiba, air hujan bisa dengan mudah masuk atau merembes melalui skylight tersebut secara langsung. 


3. Fixed unit
   Berbeda dengan jenis operable yang bisa dibuka serta ditutup, jenis skylight fixed unit ini tidak bisa bergerak. Skylight fixed unit terdiri dari bingkai yang berfungsi sebagai tumpuan material pelapis atap


4. Retractable
   Skylight jenis ini mempunyai sistem mekanis yang bisa membuatnya tergulung ketika dibuka. Jadi, penghuni rumah bisa mengatur masuknya cahaya sekaligus udara sesuai dengan keinginan.

Bagaimana sahabat IBI tertarik untuk menggunakan skylight di rumah ? Jika kalian tertarik untuk menerapkannya, jangan lupa untuk perhatikan ukuran skylight yang digunakan dengan konsep desain dan luas ruangan yang dimiliki. Dengan ukuran yang sesuai dan pas, maka manfaat dari skylight akan maksimal. Nah, untuk penggunaan materialnya sahabat IBI tidak perlu bingung. Gunakan saja spandek transparan dari IBI Truss. IBI Truss menyediakan spandek transparan dengan berbagai macam ukuran. Untuk informasi lebih lanjut dan pemesanan, silahkan hubungi kami di nomor 087854844507. 

Kembali ke Daftar Artikel