Kembali ke Daftar Artikel

Topik Artikel: Tips dan Trik
Card image cap

Cara Memotong Baja Ringan Dengan Benar

Material baja ringan merupakan material yang kuat dan kokoh, tetapi mempunyai bobot yang ringan. Berdasarkan hal tersebut, material baja ringan sangat diminati untuk digunakan membuat rangka atap, rangka plafon, hingga rangka partisi. Dalam proses pembuatan tersebut, pastinya dibutuhkan juga proses pemotongan untuk membentuk dan menyambung rangka baja ringan. Namun, memotong baja ringan tidaklah semudah itu. Proses pemotongan baja ringan harus dilakukan dengan cara yang benar. 

Umumnya, orang memotong baja ringan menggunakan dua alat yaitu gunting dan gerinda. Kedua alat tersebut bisa digunakan untuk memotong baja ringan. Tetapi, dari dua alat tersebut disarankan untuk menggunakan gunting baja ringan daripada menggunakan gerinda. Hal itu dikarenakan, penggunaan gunting untuk memotong baja ringan bisa meminimalisir resiko timbulnya karat pada baja ringan. Sebaliknya, jika menggunakan gerinda untuk memotong baja ringan, akan menimbulkan resiko timbulnya karat karena lapisannya “terluka” akibat goresan ketika proses pemotongan. Maka dari itu, alangkah baiknya untuk menggunakan gunting ketika memotong baja ringan. 

Hal lain yang perlu diperhatikan ketika memotong baja ringan adalah tidak boleh dilakukan sembarangan. Sebab, jika dilakukan secara sembarangan akan menimbulkan banyak sisa-sisa bahan yang terbuang percuma. Untuk menghindari hal-hal tersebut, dibawah ini terdapat beberapa cara yang bisa sahabat IBI jadikan untuk panduan memotong baja ringan supaya menjadi maksimal. Berikut adalah penjelasan cara memotong baja ringan : 
1. Siapkan alat dan bahan yang digunakan 
   Langkah pertama yang harus dipersiapkan sebelum memulai proses pemotongan adalah siapkan terlebih dahulu alat dan bahan yang digunakan. Seperti, baja ringan, spidol, penggaris, alat ukur (meteran atau penggaris), gunting baja ringan, dan perlengkapan safety. 


2. Tentukan ukuran panjang yang akan dipotong
   Setelah alat dan bahan sudah disiapkan, selanjutnya adalah menghitung dan menentukan ukuran baja ringan yang akan dipotong. Saat menentukan ukuran, hitunglah dengan teliti menggunakan alat ukur. Sesuaikan ukuran baja ringan yang dipotong dengan desain yang sudah ditentukan.  


3. Beri tanda pada area yang dipotong
   Jika hasil ukuran sudah didapat, jangan lupa untuk memberi tanda pada area yang akan dipotong menggunakan spidol. Pemberian tanda tersebut berguna untuk memberikan panduan pada kita area mana yang akan dipotong supaya hasilnya lebih rapi dan maksimal. 


4. Memulai proses pemotongan 
   Kemudian, mulailah proses memotong baja ringan. Ketika melakukan proses pemotongan baja ringan, pastikan kalian memotong baja ringan sesuai dengan tanda atau jalur yang sudah dibuat. Lakukan pemotongan dengan hati-hati dan teliti. 

Itulah beberapa cara mudah untuk memotong baja ringan. Cara memotong baja ringan tersebut bisa sahabat IBI lakukan sendiri dirumah tanpa harus menggunakan jasa dari ahli profesional. Meskipun bisa dilakukan sendiri dirumah, lakukanlah secara hati-hati dan tetap utamakan keselamatan. 

Bagi sahabat IBI yang membutuhkan baja ringan maupun gunting untuk konstruksi proyek, langsung saja hubungi IBI Truss. IBI Truss menyediakan berbagai macam jenis baja ringan mulai dari canal, reng, spandek, hollow, bondek, genteng, metal stud, baut, dan material pendukung lainnya. Untuk informasi mengenai produk dan penawaran menarik lainnya, hubungi kami di nomor 0878-5484-4507. 

Kembali ke Daftar Artikel