Kembali ke Daftar Artikel

Topik Artikel: Tips dan Trik
Card image cap

Langkah-Langkah Mengganti Atap Baja Ringan

Penggunaan baja ringan untuk atap bangunan baik untuk proyek skala kecil maupun besar sudah sering kita jumpai. Hal itu dikarenakan, banyaknya keunggulan yang didapat ketika menggunakan atap baja ringan. Namun, meskipun mempunyai banyak sekali keunggulan yang didapat, atap baja ringan juga rentan rusak maupun bergeser. Jika hal tersebut sudah terjadi, maka yang harus dilakukan adalah mengganti atap baja ringan. 

Proses mengganti atap baja ringan ini bisa dilakukan dengan mudah. Caranya, ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk mengganti atap baja ringan. Berikut penjelasannya : 


1. Lakukan pengecekan terlebih dahulu
   Langkah pertama yang dilakukan ketika mengganti atap baja ringan adalah lakukan pengecekan secara keseluruhan terlebih dahulu. Pengecekan tersebut berguna untuk mengetahui bagian atap mana yang mengalami pergeseran maupun terlihat rusak. Melakukan pengecekan pada atap juga berguna untuk memudahkan kita menentukan ukuran atap ketika diganti. 


2. Cek ulang pada gambar kerja 
   Setelah proses pengecekan selesai, langkah selanjutnya adalah mengecek ulang gambar kerja atau rancangan desain atap baja ringan yang pernah dibuat. Pastikan terlebih dahulu rancangan atau gambar desain tersebut masih sesuai atau tidak. Jika rancangan tersebut masih sesuai kalian bisa menggunakan ukuran yang sudah ditentukan sebelumnya. Tetapi, jika pada rancangan tersebut tidak sesuai atau terdapat perubahan, lakukanlah proses perancangan ulang supaya proses pergantian atap baja ringan bisa pas dan sesuai. 


3. Melepas penutup atap
   Proses selanjutnya adalah melepas penutup atap. Proses melepas penutup atap ini bisa dilakukan dengan mudah tetapi harus dengan hati-hati. Pastikan, ketika melepas penutup atap yang rusak atau bergeser tidak membuat atap yang berada disebelahnya menjadi rusak maupun bergeser juga.    
4. Mengganti atap lama dengan baru
   Atap yang bergeser maupun rusak sudah dilepas, maka proses berikutnya adalah mengganti atap dengan yang baru. Proses penggantian atap ini bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Hal itu dikarenakan proses pergantiannya tidak membutuhkan waktu yang lama dan bisa dibongkar pasang saat itu juga. Lakukanlah proses pergantian dengan tersebut dengan hati-hati. 


5. Lakukan pengecekan 
   Langkah terakhir yang dilakukan adalah melakukan pengecekan. Melakukan pengecekan di tahap akhir ini sangat berguna untuk memastikan pergantian pada atap apakah sudah sesuai dan tepat atau belum. Sebab, pemasangan yang tidak sesuai akan membuat atap yang diganti kurang tepat. 

Itulah beberapa langkah untuk mengganti atap baja ringan yang bergeser maupun rusak dengan mudah. Yang perlu diperhatikan adalah lakukan proses penggantian secara hati-hati. Bila perlu disarankan untuk menggunakan tenaga ahli yang berpengalaman supaya hasilnya lebih maksimal. Nah, bagi sahabat IBI yang ingin mengganti atap baja ringannya, ganti saja atapnya menggunakan atap baja ringan dari IBI Truss.

IBI Truss menyediakan berbagai jenis atap baja ringan seperti spandek, spandek pasir, spandek warna, spandek transparan dengan berbagai macam ukuran. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut tentang produk-produk atap baja ringan dari IBI Truss, langsung saja hubungi marketing kami di nomor 0878-5484-4507. 

Kembali ke Daftar Artikel