Kembali ke Daftar Artikel

Topik Artikel: Metode Pembangunan

Tips Menggarap Proyek Saat Musim Hujan

Mengerjakan proyek bangunan di kala musim hujan menjadi tantangan tersendiri, sebab harus pintar mengatur waktu dan memakai  metode kerja tertentu, agar pekerjaan pembangunan bisa tetap berjalan lancar tanpa ada hambatan. Apa saja sih tips yang bisa kita lakukan ? Mari simak di bawah ini tipsnya:

  • Agar pembangunan tetap berjalan lancar, perlu membuat jadwal perkiraan hujan. Jadwal ini bisa didapat dengan memperkirakan berdasarkan pengalaman maupun meminta data kepada Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) untuk mengetahui perkiraan cuaca. Bahkan juga bisa dilihat dari tayangan televisi atau siaran radio. Apabila sudah mendapat data yang diinginkan, maka kita bisa memastikan waktu yang tepat untuk pengerjaan bagian yang berpotensi mengalami hambatan saat turun hujan.
  • Menggunakan bahan campuran untuk mempercepat proses pengerasan adukan beton. Hal ini bertujuan agar adukan beton segera mengeras sebelum datang cuaca buruk. Sedangkan apabila adukan beton tidak segera mengeras dan seketika turun hujan, beton berpotensi tidak kokoh.
  • Memaksimalkan pengerjaan proyek pada jam-jam saat cuaca cerah. Misalnya, lembur pada saat malam hari apabila di siang harinya turun hujan.
  • Memasang tenda guna melindungi proses pelaksanaan pekerjaan proyek atapun untuk melindungi pekerja proyek dan juga melindungi bahan bangunan dari air hujan, sehingga kondisi bahan tetap baik.
  • Memasang penangkal petir terutama pada proyek yang berada di tanah lapang misal pada proyek pelabuhan atau proyek gedung yang memakai alat angkat tower crane dalam keadaan terpasang menjulang tinggi.
  • Gunakanlah alat keselamatan diri sesuai standar supaya terhindar dari segala macam bahaya sewaktu turun hujan, contohnya terpeleset di area licin. Gunakanlah jas hujan supaya badan tetap sehat dan bisa bekerja maksimal.
  • Disarankan untuk membuat saluran pembuangan air hujan dengan baik supaya air yang turun tidak memunculkan genangan yang berakibat mengganggu kelancaran kerja.

Jadi, mari kita menjaga keselamatan diri dan jangan lupa pilih baja ringan IBI Truss untuk kenyamanan hunian anda.

Kembali ke Daftar Artikel