Kembali ke Daftar Artikel

Topik Artikel: Jenis Baja Ringan
Card image cap

Mengenal Jenis-Jenis Baja Ringan Beserta Fungsinya

Pembangunan konstruksi saat ini sedang berkembang pesat baik di perkotaan maupun di pedesaan. Mulai dari pembangunan jalan, gedung, hingga hunian. Dengan semakin banyaknya pembangunan, semakin banyak pula pilihan material yang digunakan. Salah satunya adalah material baja ringan. Bahan material ini menjadi pendatang baru yang langsung populer dan diminati oleh masyarakat. 


Dipasaran, baja ringan mempunyai beragam jenis dan ukuran yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan. Namun, jenis baja ringan yang paling umum digunakan adalah kanal C, reng, hollow, spandek, dan bondek. Dibawah ini adalah penjelasan singkat mengenai masing-masing jenis baja ringan : 


1. Kanal C
   Jenis baja ringan yang pertama adalah kanal C. Bentuk dari kanal C ini sama dengan penamaannya yaitu menyerupai huruf C. Kanal C mempunyai ukuran dengan panjang 6 meter, lebar punggung 75 mm, serta ketebalan yang bervariasi mulai dari 0,60 mm hingga 1 mm. Kanal C mempunyai fungsi utama sebagai penyusun rangka atap dalam pembangunan rumah maupun gedung serta bisa juga dimanfaatkan sebagai tiang penyangga bagi bangunan yang tidak mempunyai beban berlebih.   


2. Reng
   Jenis selanjutnya adalah reng. Reng mempunyai bentuk yang modern dari jenis baja ringan lainnya yaitu menyerupai huruf W dengan bentuk trapesium. Sama halnya dengan kanal C, reng mempunyai ukuran panjang 6 meter. Fungsi dari reng yaitu sebagai tumpuan atau penahan penutup atap serta sebagai pengatur jarak setiap baris pada genteng ketika dipasang. Hal itu dikarenakan supaya genteng yang dipasang berada diposisi yang tepat sehingga terlihat estetik. Reng baja ringan sendiri dibedakan menjadi dua macam, yaitu simetris dan asimetris. 


3. Hollow 
   Merupakan salah satu jenis dari baja ringan yang seringkali diterapkan pada interior rumah seperti pemasangan plafon hingga membuat partisi dalam ruangan. Hollow mempunyai bentuk kotak persegi seperti balok, namun dibagian tengahnya kosong. Panjang dari hollow yaitu 4 meter dengan berbagai macam ukuran yang dijual dipasaran seperti, 1,5 cm x 3 cm, 2 cm x 4 cm, 3 cm x 3 cm, dan 4 cm x 4 cm.  


4. Spandek
   Salah satu jenis baja ringan dengan bentuk berupa lembaran yang didesain bergelombang. Spandek mempunyai fungsi utama sebagai penutup atap pada bangunan rumah maupun gedung. Selain fungsi utama tersebut, spandek juga bisa digunakan sebagai dinding. Meskipun bentuknya berupa lembaran, spandek tetap mempunyai kekuatan dan tahan lama. 


5. Bondek 
   Jenis terakhir dari baja ringan adalah bondek. Sebenarnya bentuk dari bondek hampir sama dengan spandek yaitu berupa lembaran dan bergelombang. Namun yang membedakannya terletak pada fungsinya. Disini, bondek berfungsi sebagai pengganti dari triplek atau papan yang digunakan sebagai pelapis dasar ketika proses pembuatan dak cor atau bekisting. Selain itu, bondek juga berfungsi sebagai pengganti tulangan bawah untuk menahan tekanan atau beban beton saat membuat lantai.


Sekian penjelasan dari jenis-jenis baja ringan yang sering digunakan dalam proses pembangunan. Semua jenis-jenis baja ringan diatas bisa kalian dapatkan di IBI Truss. IBI Truss menyediakan Kanal C, Reng, Hollow, Spandek, dan Bondek dengan kualitas yang sudah terbukti dan terjamin. Untuk informasi produk dan pemesanan, silahkan hubungi nomor kami di 087854844507. Jadi, jangan ragu lagi untuk menggunakan baja ringan IBI Truss.

 

Kembali ke Daftar Artikel